Macam-Macam Lead

oleh: Ra. Robiatul Adawiyyah

Sebuah berita atau informasi akan ditentukan nasibnya oleh segerombolan kata-kata yang membentuk tautan kalimat di awal berita atau informasi yang disajikan. Semakin menarik pemilihan, penggunaan dan penyusunan kata-katanya, peluang berita yang dibaca oleh masyarakat akan menjadi semakin besar.

Bagian penting dari sebuah berita adalah teras berita, atau yang sering disebut dengan lead. Membuat lead harus mampu menarik perhatian pendengar, yang mampu membuat masyarakat untuk membaca berita lebih jauh. Lead berita haruslah merupakan kalimat terbaik dari seluruh kalimat yang ada dalam sebuah naskah berita. Untuk mendapatkan lead berita yang baik, seorang penulis berita perlu berulang-ulang menulis, menyusun kata-kata dan memperbaiki sampai ditemukan komposisi kata-kata yang terbaik.

Banyak pilihan lead, sebagian untuk menyentak pembaca, atau juga untuk menggelitik rasa ingin tahu pembaca, selain itu juga untuk mengaduk imajinasi pembaca. Dan masih ada yang lain, yaitu lead untuk memberi tahu pembaca tentang cerita yang bersangkutan secara ringkas.

Berikut disajikan beberapa macam lead yang diambil dari Surat Kabar:

1. Lead Bercerita

Kami makan anggur kematian, dan anggur itu lezat. Berair, biru kehitaman, manis dan asam. Mereka menggantungkan setandan anggur masak di beranda belakang rumah milik muslim yang istrinya belum lama tewas oleh bom orang Serbia. Ini senja di Bosnia, langit sama biru tuanya dengan anggur-anggur itu.

(TEMPO, 27 Maret 1993, “Potret Berdarah dari Dalam”).

SEBAGAIMANA diprediksi banyak pemerhati film, Clash of the Titans akhirnya benar-benar menyodok puncak box office pekan ini. Bahkan film yang dibintangi Sam Worthington ini mendepak animasi 3D How to Train Your Dragon dari pemuncak singgasana ke urutan tiga.

(SUARA MERDEKA, 6 April 2010, “Clash Of The Titans Menyodok”)

2. Lead Kontras

SUKOHARJO-Sidang kedua gugatan perdata kader Golkar di PN Sukoharjo diwarnai adu mulut dan argumentasi, antara tim kuasa hukum dan majelis hakim yang memimpin sidang, selasa (6/4).

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “Diusir, Pengacara Debat dengan Hakim”)

3. Lead Bertanya

Apa yang bisa dilakukan oleh seseorang setelah menggondol gelar sarjana sastra? Sekadar menambah angka kuantitatif intelektual baru atau malahan Cuma menggenapi barisan sarjana yang tak jelas orientasinya?

(PIJAR INDONESIA, 3 Juni 2006, “Setelah Sarjana Sastra, Mau Apa?”)

4. Lead Pemaparan

BANDUNG-Kementrian Pendidikan Nasional (Diknas) masih mencari formulasi yang dinilai pas terkait pengaturan badan hukum penyelenggara pendidikan setelah dibatalkannya Undang-Undang BHP oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “Kemendiknas Siapkan Formulasi”)

5. Lead Kutipan

“Bukan salahku bahwa aku belum mati sekarang,” kata Fidel Castro dengan senyum lucu.

(TEMPO, 7 Mei 1994, “Castro Revolusioner yang Belum Pensiun”)

JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yodhoyono mengatakan, pemerintah akan menjalankan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan UU Badan Hukum Pendidikan (BHP) dan sejumlah pasal dalam UU Sistem Pendidikan Nasional sebagai bagian dari kepatuhan kepada konstitusi.

(SUARA MERDEKA, 8 April 2010, “Pemerintah Patuhi Putusan MK”)

6. Lead Teknik Kejut

BREBES-Tiga warga di kecamatan Tanjung, kabupaten Brebes, tewas usai melakukan pesta minuman keras (miras) oplosan kemarin.

(SUARA MERDEKA, 4 April 2010, “Pesta Miras, Tiga Orang Tewas”)

PESHAWAR-Paling tidak tiga orang tewas setelah konsulat Amerika Serikat di Peshawar, Pakistan barat laut, diserang kelompok militan yang bersenjatakan senapan dan bom rompi binuh diri, kemarin.

(SUARA MERDEKA, 6 April 2010, “Konsulat AS Diserang”)

KARANGANYAR-Bencana angin topan menyerang kawasan Gondangrejo, Karanganyar, Selasa (6/4) lalu, menyebabkan kerugian sekitar Rp 142 juta. Selain tujuh rumah roboh di Dusun Sanggrahan dan Dusun Saudan, Desa Wonorejo, empat rumah di Desa Jatikuwung juga rusak cukup parah tertimpa pohon.

(SUARA MERDEKA, 6 April 2010, “Angin Ribut, 7 Rumah Roboh, 4 Tertimpa Pohon”)

7. Lead “Sensitive and Safety”

BREBES-Nasib tragis menimpa Carto (32), warga Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Brebes. Diduga menjadi korban penipuan dan harus menanggung rugi hingga Rp 50 juta, bapak dua anak yang bekerja sebagai penyalur bawang merah itu nekat gantung diri di rumahnya, Senin (29/3).

(SUARA MERDEKA, 30 Maret 2010, “Penyalur Bawang Tewas Gantung Diri”)

RAIPUR-Gerilyawan maois menewaskan sedikitnya 75 polisi dalam serangan bom dan penembakan di pinggiran hutan India tengah, kemarin.

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “Maois Tewaskan 75 Polisi India”)

8. Lead “What”

Kendal-KPU Kendal akhirnya menetapkan surat pencalonan bupati dan wakil bupati dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada caretaker.

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “KPU sahkan PKB versi Caretaker”)

BREBES-Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SDN se-kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, diduga dipakai plesiran kepala sekolah (kasek). Hal itu diketahui dari laporan komite sekolah yang disampaikan ke Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes.

(SUARA MERDEKA, 8 April 2010, “Dana Bos Diduga Dipakai untuk Plesiran”)

9. Lead “Who”

YOGYAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan, tahun 2010 ini DIY akan mengalami musim kemarau paling kering sejak 30 tahun terakhir.

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “DIY Diperkirakan Alami Kemarau Terburuk”)

LOSAIL-Juara dunia MotoGP Valentino Rossi yakin balapan musim ini akan berjalan labih sengit dan seru sehingga penggemar balapan motor terpuaskan.

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “Rossi Yakin Lebih Sengit”)

10. Lead “Where”

GUNUNGPATI- Situs Watu Lumpang yang terletak di kawasan Objek Wisata Gua Kreo, Gunungpati akan diangkat dari posisinya sekarang ini.

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “Situs Watu Lumpang Akan Diangkat”)

TAMANSARI-Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM (Desperindagkop dan UMKM) yang membidangi pasar dan PKL, akan segera membersihkan lingkungan Jalan Taman Pahlawan dari pedagang yang memadati lokasi tersebut.

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “Jalan Pahlawan Dibersihkan dari Pedagang”)

11. Lead “When”

YOGYAKARTA- Pemerintah Indonesia dan China yang masing-masing diwakili menteri perdagangan kedua negara, di Sheraton Hotel Yogyakarta, Sabtu (3/4) melakukan peningkatan kerja sama bidang ekonomi.

(Suara Merdeka, 5 April 2010, “RI-China Perkuat Kerja Sama Ekonomi”)

JAKARTA-Teka teki tentang siapa calon lawan Chris John, mulai terjawab. Pemenang gelar Super Champions kelas bulu WBA itu, akan ditantang petinju asal Argentina, Fernando David Saucedo pada pertarungan perebutan gelar di Bali, 22 Mei mendatang.

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “Chris John Ditantang Fernando David”)

12. Lead “Why”

SLEMAN- Gara-gara uang gaji, intensif, dan uang lembur belum dibayarkan, ratusan karyawan perusahaan garmen PT Westapusaka di Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Senin (29/3) mogok kerja.

(SUARA MERDEKA, 30 Maret 2010,” Ratusan Karyawan PT Westapusaka Mogok”)

JAKARTA- Dewan Perwakilan Rakyat RI menilai pengawasan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2010 beberapa waktu lalu, terlalu berlebihan sehingga dikhawatirkan berdampak psikologis terhadap peserta ujian.

(SUARA MERDEKA, 6 April 2010, “Pengawasan UN Dinilai Berlebihan”)

13. Lead “How”

JAKARTA- Tim 9 yang merupakan inisiator penggunaan hak angket dalam kasus bailout Bank Century mulai menggalang dukungan guna menggulirkan hak menyatakan pendapat.

(SUARA MERDEKA, 5 April 2010,” Tim 9 Galang Hak Menyatakan Pendapat”)

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga patokannya, BI rate 6,5%. Keputusan itu diambil di tengah inflasi yang masih sesuai dengan sasaran BI.

(SUARA MERDEKA, 7 April 2010, “BI Rate Ditahan Lagi”)

MILAN- Inter Milan dan Barcelona akan bertemu di semifinal Liga Champions musim ini. Bagi Presiden Inter Massimo Morrati, itu adalah kesempatan skuadnya untuk membalas kekalahan yang terjadi pada fase grup.

(SUARA MERDEKA, 8 April 2010, ” Balas Kekalahan”). [dHay_cHee]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s