”Tahun Emas” Sambut Sekretariat Baru

Oleh: Radhen Ayu Kalilawang

Matahari mulai tenggelam di ufuk barat. Jalan pun mulai lengang petang itu. Dan petang pun semakin larut menjadi malam.

Malam itu tak biasanya, disebuah sudut gang daerah Banaran tepatnya di gang Cokro dipadati ”kuda besi” yang tertata rapi. Owh, ternyata ada acara yang sedang di gelar oleh aktivis ”mahasiswa bintang 9”ini.

Merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan hari lahir PMII. Sabtu itu (17/4) sahabat-sahabati menggelar acara tasyakuran untuk merayakan ”tahun emas” PMII,  sekaligus juga untuk meresmikan sekretariat baru PMII komisariat Al-Ghazali Semarang.

Terdengar alunan lagu Indonesia raya serta Mars PMII yang dinyanyikan dengan semangat. Malam pun semakin larut, iring-iringan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an serta bacaan manaqib yang dilantunkan, menambah semaraknya acara. Acara pun belum usai. Masih dirangkaikan dengan acara forum khusus alumni PMII Komisariat Al-Ghazali Semarang.

Sahabat-sahabati ”bintang 9” merasa senang dengan adanya sekretariat baru di waktu hari lahir PMII yang mencapai setengah abad ini. Tak hanya kader-kader baru saja, tetapi para alumni pun merasa senang ketika alumni diberi ”forum” untuk berbagi. Canda tawa pun lepas seketika.

”Besar harapan kita dengan adanya sekretariat baru ini dapat menjadi titik awal yang tidak hanya memfokuskan pada gerakan kampus tetapi juga untuk kembali ke gerakan masyarakat,”tutur Sukur Triwiyono, Ketua Umum Komisariat PMII Al-Ghazali Semarang saat disela-sela sambutannya dalam acara Tasyakuran peresmian sekretariat baru PMII Al-Ghazali Semarang, Sabtu (17/4).

Sekretariat Baru, Semangat Baru!

Letak yang cukup stategis. Tak jauh dari kampus, khususnya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Dekat dengan masyarakat sekitar dan tak akan terganggu dengan pekik bising suara jalan raya. Suasana sekretariat yang mendukung untuk membahas ataupun diskusi persoalan masalah isu-isu lokal hingga global. Dan juga lebih mendekatkan jalinan silaturrahmi dengan masyarakat sekitar.

Sukur Triwiyono berharap dengan adanya sekretariat baru ini menjadi sentrum gerakan.  ”Karena seharusnya dimanapun letak sekretariat baru, itu bukan menjadi kendala atau hambatan bagi kita. Keterbatasan fasilitas sudah tidak lagi menjadi alasan buat kita untuk gerak. Semua bisa disiasati jika kita ada kemauan”ungkapnya yakin.

Sepanjang sejarah perjalanan PMII yang kini sudah memasuki usia 50 tahun yang diperingati sebagai tahun emas PMII, dengan semarak harlah ini diharapkan peringatan harlah kali ini sejatinya menjadikan spirit baru bagi para kader PMII untuk terus meningkatkan kualitas lembaga serta kualitas diri para kader lewat kerja keras kaderisasi untuk memajukan organisasi.

Akulah embun tetesan tradisi

Melawan matahari mencipta pelangi

Akulah puja titisan sang wali

Melumat kata, menumbuk duri

Engkau adalah mata air suci

Bertahan diri arus globalisasi

Engkau adalah bintang

Pemimpin nabi

Bekerja tabuh genderang demokrasi

Wahai, sejarah

Saksikan kami tegak berdiri

Damaikan samudra

Meluluhkan tirani

Khidmadku untuk rakyat dan ilahi

Demi pertarungan yang kita perangi

Dan pertempuran yang belum kita jalani

Tangan terkepal, maju ke muka!

Salam Pergerakan!

*dimuat di buletin bulanan PMII Komisariat Al-Ghazali Semarang, TRANSFORMERS, edisi April 2010*

2 thoughts on “”Tahun Emas” Sambut Sekretariat Baru

  1. 17 april lagune wis tekan semarang ta??
    aku malah ra ngerti. sak mudengku iku meng muter neng ciputat tok. alhamdulillah nek wis nyebar nusantara…

    semangat terus mbak yu…
    meh maju ketua cabang, aku dukung moral spiritual dan material.

    wallahulmuwaffiq..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s