THE MADNESS OF GOD

“Karena hanya melalui akulah sifat asli manusia bisa terungkap”

“Iblis memang menipu umat manusia dengan cara (menghasut), tapi dalam tindakan itu tersembunyi seribu kebenaran…”

“Kubuat dunia jadi tempat yang menyenangkan bagi manusia. Kututupi bau busuknya dengan wewangian dan kulapisi wajahnya yang mengerikan dengan hijab keindahan tak terkira. Kubuat semua tindakan manusia tampak benar dan menyenangkan. Orang yang tahu betapa cacatnya dunia ini sebenarnya, sama sekali tak menemukan keindahan di dalamnya. Sedangkan bagi mereka yang masa bodoh, dunia terlihat bagus-bagus saja. Padahal, sedikit saja mereka gunakan akal mereka, segala akal bulusku pasti ketahuan. Tapi, rupanya mereka memang lebih mencintai dunia sebagaimana khayalan mereka dan kubiarkan saja begitu”.

Itulah sepenggalah cerita dari Iblis Menggugat Tuhan yang terdapat pada halaman 76. Kecintaan (kepatuhan) iblis terhadap Allah Swt yang tidak mau menduakan, terlebih lagi dia di suruh sujud pada Adam. Makanya dia tak mau bersujud selain Allah.

Di sisi lain saya teringat akan kecintaan sufi dari Bashrah, yakni Rabi’ah Al Adawiyah. Beliau tidak mau menikah, karena takut jika kecintaannya akan terbagi. Beliau tidak mau menduakan Cintanya pada siapapun. Semoga Allah memulyakannya.

Saya sebagai manusia heran melihat saudara-saudara saya. Bagaimana tidak?! Manusia selalu menyalahkan iblis sebagai biang kerok?! Kenapa manusia tak mau menyalahkan dirinya sendiri?! Selalu meng[k]ambinghitamkan setan/iblis sebagai akar masalahnya?! Kalaupun setan menggoda, bukankah itu tugas utama iblis?!

Jarang manusia yang mengakui bahwa mereka merasa bersalah dengan kesalahan yang digalinya sendiri? Selalu mencari-cari kesalahan yang lain sebagai pembelaan mereka saja. Kalau memang salah, akui sajalah, kenapa harus malu dan menyalahkan yang lain, terlebih Iblis…

Dan bukan berarti pula saya menulis corat-coret seperti ini saya membela iblis (nah kan, masih saja ada yang mengatakan seperti itu? Heran saya…), tapi ini sebagai medium saja untuk sebagai refleksi kita saja…tha’t all. Wallahu a’lam bishawab…

Iblis Menggugat Tuhan, Februari  2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s