Mlancong Mareng Kutho Tlogo Warno

Candi Arjuna

Kelompok candi ini terdiri atas lima candi tersusun dalam dua deret, deret di sebelah timur terdiri atas empat bangunan candi yang semuanya menghadap ke barat candi Arjuna, candi Srikandi, candi Puntadewa dan candi Sembadra.
Deret sebelah barat menghadap ke timur yaitu candi Semar yang berhadapan dengan candi Arjuna. Masing-masing candi memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri, dan dibangun tidak bersamaan dengan tujuan untuk bermeditasi. Pada candi-candi ini selalu digambarkan dewa-dewa pendamping utama Siwa, kecuali pada candi yang istimewa yaitu candi Srikandi yang digambarkan pada relung-relung semu adalah dewa-dewa utama agama Hindu yaitu Brahma, Siwa dan Wisnu.

Telaga Warna

Merupakan salah satu objek wisata di kawasan Dieng Wonosobo. Warna telaga yang mempunyai kandungan sulfur tinggi ini bisa berubah dari hijau, kuning atau biru.

atosh-athos njeh, kalau mau mengunjungi telaga. MasyaAllah... baunya sangat menyengat! mungkin karena kandungan sulfurnya itu ya… jadi membuat telaga agak bau-bau gimanaaaa gitu…🙂

 

     

Kawah Sikidang

kawah sikidang merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di dataran tinggi Dieng Wonosobo. Konon katanya, objek wisata ini merupakan bekas letusan gunung berapi yang membentuk kawah.

Kawah ini adalah kawah vulkanik dengan lubang kepundan berada di daerah dataran sehingga kawah dapat disaksikan langsung dari bibir kawah. Sampai saat ini kawah Sikidang masih aktif mengeluarkan uap panas sehingga air kawah mendidih dan bergejolak. Bau khas pegunungan berapi, kepulan asap putih selalu menghiasi penampilan kawah ini.Uap panas yang keluar disertai semburan air yang mendidih berwarna kelabu selalu muncul berpindah-pindah dan berlompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain seperti seekor Kidang, sehingga dinamai kawah Sikidang.

Telaga Menjer

Merupakan telaga alam terluas di Kabupaten Wonosobo. Berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut dengan luas 70 Ha dan kedalaman 45 meter. Telaga Menjer terletak didesa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo 12 km sebelah utara kota Wonosobo.

Konon, sekitar awal tahun1980 telaga ini pernah dikuras, karena disinyalir pada bagian bawahnya ada kebocoran. Tenaga ahli yang menguras air telaga itu di datangkan dari Rusia, yang kemudian dilanjutkan oleh tenaga ahli dari Jepang dalam rangka pembuatan pembangkit listrik tenaga air. Alasan pengurasan air telaga itu, air dari dua aliran sungai diatasnya yang ditampung di telaga Menjer selama 2 x 24 jam air tersebut tidak bisa masuk kedalam terowongan dan sama sebelum  air dari dua sungai itu dimasukkan kedalam telaga, yaitu 25 cm dibawah tepian. Terlepas dari debut air yang masuk ke dalam telaga, bahwa telaga Menjer merupakan sebuah obyek wisata yang mengasyikan, karena berada di ketinggian 700 dpl dengan suhu 22-27 derajat celsius.

* Kolaborasi dengan: http://www.infowonosobo.com, http://wisatabenewskp.blogspot.com, dan http://wisata.kompasiana.com/group/jalan-jalan/2010/01/09/telaga-menjer-obyek-wisata-di-kabupaten-wonosobo/

6 thoughts on “Mlancong Mareng Kutho Tlogo Warno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s