E..do..do..e.. Gedo!

IMG_20160109_152020_2.jpg

Pantai Gedo-Nabire

*Ge

Gedo, merupakan salah satu objek wisata pantai di kabupaten Nabire. Tepatnya di daerah Sanoba. Nabire adalah salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Papua. Untuk informasi aja ya… pulau Papua ini memiliki dua provinsi. Pertama Papua dan yang kedua Papua Barat. Wilayah Papua Barat itu seperti Kab. Sorong yang terkenal dengan Raja Ampatnya, Kab. Manokwari yang tenar dengan kota injil, dan Kab. Fakfak yang dikenal dengan kota Palanya. Sementara itu, Provinsi Papua meliputi Jayapura yang menjadi ibu kota Papua, kemudian ada Kab. Biak, Kab. Merauke, Kab. Wamena, Kab. Timika, Kab. Paniai, dan Kab. Nabire. Dulu Nabire masih menjadi distrik di Kab. Paniai. Namun, dengan seiring berjalannya waktu Nabire sudah mulai maju. Sehingga, atas dasar itu pula Nabire memisahkan diri dari Kab. Paniai menjadi kabupaten sendiri. *Hiks.. chediiih deh kennaapah harus pisah… #ups #mwihihihi 🙂

Oke, itu penjelasan singkat tentang pulau yang dikenal dengan sebutan pulau cendrawasih ini.

Kembali ke lap-top! *eh

IMG_20160109_151115_edit.jpg

Untuk mencapai Gedo, waktu perjalanan ditempuh sekitar 15-20 menit dari pusat kota. Perjalanan yang harus dilalui pun tak begitu sulit. Tidak ada track jalan yang naik-turun. Datar-datar saja namun agak berliku.

Selama dalam perjalanan, mata akan disuguhi dengan banyaknya pepohonan yang masih rindang, sesekali ada jeda beberapa rumah dan gereja yang berjajar di kanan-kirinya. Banyak juga anjing berkeliaran ke sana- ke mari bermain-main sembari mencari sesuap makanan ataupun hanya sekadar berjalan-jalan sore.

Ketika sudah memasuki daerah Sanoba dan bertemu dengan dua jembatan yang terbuat dari kayu telah dilewati. Ini berarti Gedo semakin dekat. Tak selang beberapa menit gerbang gedo mulai terlihat.

 **Do

IMG_20160109_150518_edit.jpgKetika mulai memasuki pintu gerbang Gedo, warni-warni tulisan yang menyala, yang tertancap di atas butiran-butiran pasir Gedo ini membuat mata berbunga-bunga. Macam mana kalau orang-orang Timur bilang, “Cantik ale!!!”

Selain membuat mata berbunga-bunga karena efek warna-warni dari ukiran tulisannya, kesan adem dan teduh timbul saat memasuki pelataran Pantai Gedo. Banyaknya pohon yang masih mengelilingi pantai ini, membuat betah bin kerasan jika harus berlama-lama di sini. Tak perlu khawatir juga dengan sengatan matahari yang biasa bikin kulit “nylekit-nyekit”.

Pantai Gedo adalah salah satu pantai yang dikelola oleh pemerintah setempat. Jadi, untuk masuk ke dalamnya dikenakan tarif. Pengunjung cukup merogoh kocek 5.000 ru-pi-ah saja! Bukan per orang, tetapi Per kendaraan hanya ditarik biaya 5.000 rupiah. We-o-we… WOW!! Jadi murmer bingiiit lah ya… alias murah meriah bangeeet!!!

Oleh karena pantai ini dikelola oleh dinas pariwisata setempat, sehingga disediakanlah beberapa fasilitas gratis untuk membuat nyaman bagi para pengunjung Gedo. Di dalamnya terdapat beberapa wahana permainan, seperti: prosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan. Selain itu di sediakan pula panggung terbuka serta beberapa gazebo sebagai tempat berteduh sekaligus tempat berkumpul bagi keluarga untuk making quality time.

IMG_20160109_153540_2.jpg

*Nabarua-Nabire, Sabtu 9 Januari 2016

6 thoughts on “E..do..do..e.. Gedo!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s